Mitos Pernikahan Orang Sunda dan Jawa: Antara Sejarah dan Fakta


Orang Sunda di masa lalu mempunyai kebiasaan takut akan "kualat" saat anak mereka menikah dengan orang Jawa, walaupun hal tersebut sekadar mitos. Mitos tersebut masih bertahan hingga saat ini, di mana ada kepercayaan bahwa pernikahan orang Sunda dan orang Jawa mungkin tidak bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu alasan orang tua Sunda melarang anak-anaknya menikah dengan orang Jawa ialah karena sejarah Perang Bubat antara kerajaan Padjajaran dan kerajaan Majapahit. Akan tetapi, faktanya, alasan tersebut dapat berhubungan dengan perbedaan perilaku atau watak orang Sunda dan Jawa yang konon bertentangan satu sama lainnya.

Walaupun ada stereotip mengenai perbedaan watak antara orang Sunda dan Jawa, penting untuk diingat bahwa banyak pasangan campuran antara Sunda dan Jawa dalam pernikahannya langgeng dan bahagia. Hal tersebut menandakan keberhasilan pernikahan lebih banyak tergantung diri pribadi dan hubungan individu.

Intinya ialah bahwa mitos mengenai adanya pernikahan antara orang Sunda dan orang Jawa hanya sebuah mitos, serta keberhasilan pernikahan sebetulnya tergantung pada saling pengertian, cinta dan komitmen pasangan, bukan dari asal-usul etnisnya.

 

 

Sumber: R Adinda/Gramedia Blog

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka