Oplet di Garut: Transportasi Jadul Andalan Masyarakat Tahun 70-an


Oplet merupakan kendaraan yang terkenal di Jakarta. Namun, tahukah Warginet, sebelum itu oplet merupakan angkutan andalan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Garut dan Bandung pada tahun 1970an, loh. 

Dalam sebuah kanal YouTube terdapat sebuah video yang memperlihatkan angkutan oplet yang dipenuhi oleh para penumpang. Orang-orang yang duduk berjajal di kendaraan merek Chevrolet sambil bercengkrama dan menikmati perjalanan. Diperlihatkan juga suasana pedesaan di tatar Sunda termasuk saat oplet dikerumuni pedagang yang menawarkan dagangannya dari balik jendela. 

Dalam video itu juga menjelaskan bahwa kendaraan oplet digambarkan sebagai transportasi yang menjadi andalan bagi masyarakat pedesaan untuk menjual dagangannya ke wilayah pusat kota. Para pedagang biasanya menaiki oplet sejauh 40 kilometer menuju kota untuk menjual barang yang dibawa dari desa ke wilayah kota. 

Saat oplet berhenti, para pedagang langsung berlarian antusias menawarkan dagangan mereka ke para penumpang melalui jendela. Beberapa penjual terlihat menawarkan kacang, lontong, dan gorengan. 

Video tersebut mengundang nostalgia bagi warganet. Beberapa berkomentar bahwa mereka merindukan masa lalu yang sederhana dan guyub. Yang lainnya mengatakan rindu menaiki oplet dari Bandung ke Garut dan jalanan yang dilalui begitu damai dan indah. Oplet menjadi salah satu transportasi primadona masyarakat pada masanya di Garut.

 

Sumber materi : YouTube/Amemoar 

Sumber foto : kompas.com


0 Komentar :

    Belum ada komentar.