Pabrik Cokelat Silver Queen di Garut yang Mendunia Kini Tinggal Kenangan

Pabrik Cokelat Silver Queen di Garut yang Mendunia Kini Tinggal Kenangan

Siapa di sini yang suka cokelat Silver Queen? 

Warga Garut udah pasti gak asing lagi dengan bangunan di atas. Apalagi jika sering lewat jalan Paminggir, sudah pasti kelihatan setiap hari. Tapi warga Garut tahu gak, kalau bangunan pabrik yang sudah lama ini merupakan tempat diproduksinya cokelat Silver Queen pertama kali. 

Pabrik yang memproduksi Silver Queen di Garut ini merupakan kepunyaan keluarga Chuang yang sebenarnya orang Bandung. Hal ini juga disampaikan oleh @azmiabubakar12 yang merupakan pendiri museum pustaka peranakan Tionghoa, dirinya mengatakan bahwa Pabrik Silver Queen ini merupakan kepunyaan keluarga Chuang di Garut sejak tahun 1942. 

Sebelum dibeli oleh keluarga Chuang, Pabrik ini merupakan bangunan bernama NV Ceres milik orang Belanda di era Hindia Belanda.

Tapi meskipun sudah memiliki pabrik sejak tahun 1942, nama Silver Queen dan  Ceres itu baru di daftarkan pada tahun 1950-an setelah pabrik berada di bawah PT. Petrafoods. 

Tetapi pada Konferensi Asia Afrika di Bandung, Pabrik ini pindah ke Bandung karena mendapatkan pesanan dalam jumlah yang sangat banyak. 

Lalu, pabrik cokelat yang ada di Garut hingga sekarang tahun 2022 masih terbengkalai dan tidak beroperasi lagi. 

 

Wargi Garut ada yang sering lihat Pabrik ini? 


Baca lainnya

1 Komentar :

  1. M MUHIDIN
    M MUHIDIN 16 Sep 2022 - 08:17:13 AM

    nama itu tetap eksis

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.