Pemkab Garut Buka Layanan Operasi Katarak Gratis Mulai 26 hingga 28 Mei 2022

Pemkab Garut Buka Layanan Operasi Katarak Gratis Mulai 26 hingga 28 Mei 2022
Pemerintah Kabupaten Garut membuka pelayanan operasi mata katarak gratis untuk seluruh warga Garut yang diprioritaskan bagi mereka dari kalangan kurang mampu secara ekonomi.

Kegiatan bakti sosial itu akan diselenggarakan selama tiga hari mulai 26 hingga 28 Mei 2022, bertempat di Rumah Sakit Medina Garut dengan target pasien operasi katarak sebanyak 400-500 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut Asep Surachman meyampaikan, kegiatan operasi katarak massal gratis ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi melakukan tindakan operasi secara mandiri dan konvensional.

"Operasi ini adalah sebuah tindakan untuk mengantisipasi kebutaan secara total bagi para penderita katarak yang diakibatkan beberapa faktor, baik usia, maupun faktor radiasi, kecelakaan dan faktor lainnya," ujar Asep, Rabu (11/5/2022).

Asep menerangkan, untuk pendaftaran program operasi katarak gratis ini pihaknya kini sedang menghimpun calon peserta operasi katarak dari berbagai daerah di 42 kecamatan melalui pendataan personal secara daring.

"Bagi masyarakat yang berminat silakan daftar melalui http://tiny.cc/SkriningKatarak, dan tidak dipungut biaya alias gratis," imbuhnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas puskesmas setempat untuk memastikan pasien menderita katarak dan boleh atau tidaknya menjalani operasi.

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu