Polisi Pastikan Tak Ada Lagi Penyekatan Saat Mudik Lebaran 2022


Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi memastikan pada musim mudik tahun ini tidak akan ada lagi penyekatan jalan. Hal itu seiring dengan pemerintah pusat yang mengizinkan tradisi mudik pada Lebaran 2022. 

"Meski pandemi belum berakhir, pemerintah memastikan tidak ada penyekatan di jalan seperti dua tahun terakhir," kata dia, dalam keterangan resmi yang diunggah @ntmc_polri, Rabu (20/4/2022).

Ia pun mengajak masyarakat untuk mudik alias pulang kampung lebih awal pada Lebaran 2022 guna mencegah terjadinya penumpukan kendaraan, sehingga beban kondisi jalanan akan berkurang bila mudik tidak berbarengan.

"Mari mudik lebih awal karena untuk menghindari penumpukan kendaraan dimana diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan mudik pada tahun ini, dimana 47 persennya akan menggunakan jalur darat," kata dia.

"Kami mengimbau untuk mudik sebelum 28 April," sambungnya.

Imbauan itu, kata dia, berdasarkan laporan jika anak sekolah sudah diliburkan pada tanggal 22 April, serta para pekerja ASN baru diberikan cuti pada tanggal 29 April.

Selain itu, penerapan sistem satu arah dan ganjil-genap secara bersamaan pada tanggal 28 April ini akan dimaksimalkan. Seluruh personel gabungan akan mengawal penuh, sembari mengajak masyarakat untuk taat berlalu lintas.

“Dalam pelaksanaan, mudik akan kita terapkan kebijakan One Way dan Ganjil Genap secara bersamaan. Mohon ini menjadi perhatian kita semua apabila Polri tidak mengambil langkah rekayasa lalu lintas. Kendaraan tidak akan bergerak,” ujarnya.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.