Profil Kecamatan Pamulihan Garut, Tempatnya Curug Sanghyang Taraje

Profil Kecamatan Pamulihan Garut, Tempatnya Curug Sanghyang Taraje

Pamulihan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Pamulihan terbentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 3 Tahun 1992 tentang Pembentukkan 27 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II di Indonesia. 

Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 12.008,27 hektar atau 120,08 km². Jumlah penduduk Kecamatan Pamulihan di Kabupaten Garut menurut data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut pada tahun 2021 adalah 9.330 orang.

Kecamatan Pamulihan merupakan Kecamatan Pemekaran dari Kecamatan Pakenjeng pada Tahun 1992. Kecamatan Pamulihan berjarak 51 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Garut. Kecamatan Pamulihan terbagi menjadi 5 Desa, 33 RW dan 125 RT. Pusat pemerintahnnya berada di Desa Pakenjeng.

Sebagian besar desa-desa di kecamatan Pamulihan terletak di daerah lereng/perbukitan hingga pegunungan dengan ketinggian antara 100-2.600 Mdpl. Di sebelah utara terdapat Gunung Papandayan dan Pegunungan Tamiang-Seulis. 

Sungai-sungai besar yang mengalir di wilayah ini antara lain; Sungai Cikandang, Sungai Cibatarua, Sungai Cipanengeun, Sungai Cipakenjeng, dan Sungai Cipapandayan.

Pariwisata yang ada di Kecamatan Pamulihan ini adalah Curug Sanghyang Taraje, berupa objek wisata air terjun atau Curug yang lokasinya berada di wilayah Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng. 

Batas-batas wilayah kecamatan cisurupan adalah sebagai berikut:

Utara berbatasan dengan kabupaten Bandung

Timur berbatasan dengan kecamatan Cisurupan, Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Cikajang

Selatan berbatasan dengan kecamatan Pakenjeng

Barat berbatasan dengan Kecamatan Bungbulang

 

Berikut nama-nama kelurahan/desa yang ada di kecamatan Pamulihan:

1. Garumukti

2. Linggarjati

3. Pakenjeng

4. Pananjung

5. Panawa

***


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.