Program Jabar Zero New Stunting, Garut Jadi Lokasi Monev dan Edutainment Tentang Stunting


Jawa Barat Zero New Stunting, program Gubernur dalam mendukung program nasional untuk mengurangi angka stunting yang ada di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Garut, pada Selasa (9/7/2024). Garut menjadi lokasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta edukasi dan hiburan (Edutainment) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Wanajaya dan Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Tim Percepatan Penurunan Stunting dari Dinkes Provinsi Jawa Barat bersama lintas sektor langsung ke lapangan dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting. Petugas kesehatan hingga kader setempat langsung berkunjung ke rumah warga yang memiliki balita stunting. Identifikasi yang dilakukan pun berupa menanyakan beberapa hal seperti imunisasi, pola makan, kondisi toilet, dan kebiasaan di keluarga.

Lalu untuk program Edutainment yang dilakukan dr. Tri Cahyo Nugroho, Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Garut mengatakan bahwa kegiatan ini akan berpindah - pindah setiap tahunnya dan di tahun ini Kabupaten Garut yang ditunjuk menjadi lokasi kegiatan. Program Edutainment yang dilaksanakan ini diikuti oleh 250 personel dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yang dibagi menjadi 27 tim.

Dengan diadakannya Monev dan Edutainment tentang stunting ini, harapan dr. Tri dan Sri selaku Sub Koordinator Kesehatan Keluarga (Kesga) Gizi Dinkes Kabupaten Garut,  prevelansi stunting di Kabupaten Garut akan terus menurun secara signifikan, serta hasil monev tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Kegiatan ini juga menunjukkan kekompakkan dan kesiapan antar masyarakat dan pemerintahan untuk mewujudkan Jawa Barat Zero New Stunting.

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka