Rekomendasi Pilihan Desa Wisata di Garut, Cocok untuk Liburan Keluarga


Kekayaan alam yang dimiliki Garut sangat melimpah. Hampir setiap daerahnya memiliki wisata yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah desa. Desa-desa di Garut banyak yang kemudian dikembangkan menjadi desa wisata karena memiliki peluang yang besar. Apa saja desa wisata yang ada di Garut? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Desa Wisata Saung Ciburial

Ciburial.jpg

Desa wisata yang mulai dibuka untuk umum sejak 2013 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat ini berhasil menarik perhatian warga. Gubernur Jabar menjadikan Desa Wisata Saung Ciburial sebagai pusat pencanangan Program One Village One Company (OVOC) dengan mempertimbangkan keberhasilan kegiatan desa wisata dan mendorong kegiatan ekonomi kreatif warga sehingga menunjang peningkatan kesejahteraan.

Desa yang mengusung tema wisata edukasi ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan saja, wisatawan bisa menikmati kearifan lokal yang dikemas dengan berbagai potensi budaya, sosial, alam, dan kegiatan ekonomi di Garut.  

Desa Wisata Saung Ciburial juga memberikan fasilitas homestay jika kamu ingin menginap. Desa Saung Ciburial menjadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi dan wajib ada di list kamu kalau kamu bermain ke Garut, ya!

 

2. Desa Wisata Mulakeudeu

Mulakeudeu.jpg

Kekayaan alam yang melimpah dengan sejarah dan desa edukasi menjadi daya tarik dari Desa Wisata Mulakeudeu. Memiliki luas sekitar 6 hektar dengan persebaran sebelah ujung barat sentra kerajinan Bambu Mini Craf dan tengah desa terdapat Kelompok UMKM pengolah Singkong Renggining. 

Warga desa menyadari akan potensi besar yang mereka miliki untuk menjadi desa wisata, sehingga warga desa turut serta mengembangkan Desa Mulakeudeu. Memiliki 9 objek wisata seperti, wisata budaya ngawuwuh, wisata religi makam Waliyullah Eyang Mulahaji Sunan Rohmatullah, wisata kuliner liweut Reumeuy Kacang Gambeut, wisata camping religi, wisata air kolam renang di tengah kebun, agro wisata petik jeruk, wisata Kebun Alquran, wisata edukasi, dan Sekolah Alam.

 

3. Desa Wisata Sindangkasih

Sindangkasih.jpg

Menikmati suasana desa sambil bermain river tubing bisa kamu nikmati di Desa Wisata Sindangkasih. Menyajikan keindahan alam yang masih asri dan bebas polusi. Desa Wisata Sindangkasih sangat cocok untuk kamu yang senang berfoto karena banyak spot foto estetik dengan pemandangan yang indah.

Kalau kamu merasa capek setelah bermain river tubing, bisa menikmati paket nasi timbel di pinggir sungai sambil menikmati karoke yang dibanderol dengan harg Rp20.000/jam. Selain itu, daya tarik desa wisata ini adalah susur lembur, goa peninggalan Hindia Belanda/Banker, dengan seni budaya calung, jaipong, silat, marawis, juga wisata kuliner seperti pembuatan Gula Bojongla dan umbi-umbian.

 

4. Desa Wisata Situ Cangkuang

Cangkuang.jpg

Desa Situ Cangkuang memiliki sejarah yang panjang sejak zaman kerajaan Hindu. Pada 2021, desa ini diresmikan menjadi sebuah desa wisata. Meski baru berumur satu tahun, keindahan Desa Wisata Situ Cangkuang tidak kalah menarik. Desa yang memiliki nuansa alam dengan kearifan lokal ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Ada Taman Desa yang memiliki konsep kekinian dengan spot foto yang menarik dan instagramable.

Situ Cangkuang yang dikelola oleh desa juga tak kalah menarik, kamu bisa menikmatinya dengan menaiki rakit atau perahu naga dan angsa. Untuk pecinta sejarah, kamu juga bisa mengenal sejarah Candi Cangkuang dan Rumah Adat Kampung Pulo yang berada di Cagar Budaya Candi Cangkuang. Desa Wisata Situ Cangkuang harus kamu masukan list untuk dikunjungi, ya!

 

5. Desa Wisata Linggaratu

Linggaratu.png

Kalau kamu suka bertualang dan mencari wisata dekat dari pusat Kota Garut, Desa Wisata Linggaratu adalah jawabannya. Meski dekat dengan pusat kota, pemandangan yang disuguhkan sangat asri. Terdapat deretan batur besar berusia belasan abad yang cantik dan berpadu dengan asrinya alam hutan Linggaratu. Selain itu, Desa Wisata Linggaratu merupakan objek wisata religi Kabupaten Garut.

Di sana terdapat makam leluhur Prabu Kingking, salah satu tokoh penyebar agama Islam, sehingga banyak peziarah yang mendatangi desa ini. Ke depannya, akan dibangun berbagai fasilitas lain seperti camping ground, hiking, dan wisata lainnya untuk menarik banyak pengunjung.

 

6. Desa Wisata Samida

Samida.jpg

Memiliki keunikan kerajinan bambu menjadi daya tarik utama dari Desa Wisata Samida. Berlokasi di Kecamatan Selaawi, yang memang merupakan penghasil komoditi bambu ternama di Pulau Jawa. Kalau kamu ingin melihat proses pembuatan beragam kerajinan bambu, kamu bisa merasakannya di sini. Kamu bisa mempelajari kehidupan warga yang penuh dengan kearifan lokal di Desa Wisata Samida selama satu hari.

 

Nah, itu dia desa wisata yang bisa kalian nikmati untuk menghirup udara segar dan melepas penat. Coba mana desa wisata yang ingin kamu kunjungi?

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 20, Jun 2024
Tristan da Cunha
  • Oleh Infogarut
  • 21, Jun 2024
Curug Dengdeng di Cisompet Garut
  • Oleh Infogarut
  • 21, Jun 2024
Curug Cipanyairan Desa Pakenjeng