Selalu Gagal Saat Psikotes Kerja? Terapkan Tips ini agar Mudah Diterima HRD!
Psikotes jadi tahapan penting dalam setiap rekrutmen. Banyak orang sering gagal saat tahapan ini. Maka dari itu, artikel ini membahas tips kerjakan psikotes saat lamar kerja.
Setiap lowongan pekerjaan seringkali menggunakan tahapan tes psikotes untuk menguji kemampuan analitis para calon karyawannya. Tidak sedikit orang sering mengalami kegagalan saat mengerjakan soal psikotes ini.
Sebelum melaksanakan tes nya, kamu perlu mempersiapkan materi untuk bisa belajar dan memahami soal seperti apa yang akan keluar nantinya.
Selain itu, ada beberapa tips atau persiapan lainnya yang harus kamu ketahui. Berikut tipsnya, dilansir dari klikdokter, dari Psikolog Iswan Saputro.
Baca juga: Stop Overthinking, Ini 5 Aktivitas yang Perlu Dilakukan!
1.Pahami Jenis Psikotes
Ada beberapa jenis psikotes, diantaranya :
- Tes Kepribadian : yang mengukur pola kepribadian, motivasi, atau nilai.
- Tes Kecerdasan : Kemempuan berfikir analitk, logika, dan memori untuk melihat para pelamar saat memecahkan masalah
- Tes Kemampuan spesifik: Mengukur kemampuan spesifik tertentu sesua dengan jenis pekerjaan.
2. Latihan sebelum Hari H
Latihan sebelum menjelang pelaksanaan tes sangat penting. Disini kamu harus mencari tahu bagaimana soal yang sering keluar dan cara dalam menjawabnya. Kamu bisa menggunakan buku psikotes khusus atau belajar mandiri secara otodidak di internet. Selain memahami, kamu juga perlu berlatih menjawab soal agar bisa menjawab saat psikotes di perusahaan.
3. Siapkan Diri dengan Baik
Selain materi yang harus disiapkan, diri secara mental juga harus dijaga. Seperti menjaga pola tidur, istirahat dengan cuku, tidak stress, meskipun kadang stress suka datang tiba-tiba. Tapi kontrol diri mu untuk bisa mengatur stress dengan baik.
4. Baca Petunjuk dengan Teliti
Setiap soal psikotes pasti ada petunjuk yang disediakan. Kamu juga harus teliti, karena akan banyak soal-soal yang menjebak. Jangan terburu-buru, meskipun waktunya terbatas, tetap tenang dan manfaatkan waktu dengan sebaik untuk fokus mengerjakan soal.
5. Kerjakan soal mudah terlebih dulu
Ketika kamu menemukan soal yang dirasa susah, kamu lebih baik memulai dengan soal mudah terlebih dulu. Karena ini akan mengefektifkan waktu. Ketika soal mudah dikerjakan lebih dulu, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan soal yang dirasa sulit.
Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Sejarah yang Menguak Berbagai Fakta Masa Lalu
6. Konsentrasi dan Fokus
Jangan mudah ter distraksi dengan orang lain. Ketika pelaksanan tes dilakukan secara offline, kamu harus bisa menjaga fokus, jangan terburu-buru ketika orang lain sudah selesai mengerjakan kamu belum, tetaplah jaga konsentrasi dan tetap tenang.
7. Tidak curang
Kejujuran adalah hal yang paling penting. Percuma jika kamu mendapat nilai bagus, tapi tidak menerapkan kejujuran saat mengerjakan tes. Selain tidak etis, kecurangan akan dampak buruk pada karier kamu kedepannya.
0 Komentar
Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.