Sentra Industri Kulit Sukaregang, Pusat Wisata Belanja Kenamaan yang Tak Lekang Oleh Zaman


Selain terkenal dengan kekayaan alamnya, Garut juga menyuguhkan berbagai hasil tangan yang berkualitas, salah satunya adalah jaket kulit. Nah, salah satu sentra kerajinan kulit terfavorit di Garut yakni bertempat di Sukaregang. 

Bila warginet berjalan ke sekitaran Jl. Sukaregang, pastinya akan menjumpai deretan hasil olahan kulit di sepanjang jalan, mulai dari jaket, sarung tangan, sepatu, tas, dompet dan masih banyak lagi. 

Menurut sejarahnya, sekitar tahun 1970-an, hanya terdapat sedikit pengrajin kulit yang memiliki kios di Sukaregang. Namun, seiring berjalannya waktu, 

hasil olahan kulit di Sukaregang mendapat perhatian khusus karena menawarkan produk-produk kualitas jempolan. Selain itu, kerajinan kulit khas Sukaregang juga memiliki daya tarik yang mampu bersaing dengan di kancah internasional. 

Menurut keterangan masyarakat setempat, mayoritas pedagang di Sukaregang menggunakan kulit asli untuk kerajinannya. Mereka menggunakan kulit domba, sapi, dan kerbau untuk membuat produk-produk unggulan. Hanya saja, beberapa penjual memang membuat produk yang terbuat dari kulit imitasi yang kualitasnya tidak jauh dengan kulit asli. Hal itu sengaja dilakukan untuk menekan cost produksi hingga harga produk mereka bisa lebih terjangkau lagi. 

 

Data: Diolah dari berbagai sumber


0 Komentar :

    Belum ada komentar.