https://dev.news.makassarkota.go.id/public/pgsoft-demo/ https://jdih.sumbawabaratkab.go.id/lato/pg-soft-demo/ https://dev.news.makassarkota.go.id/public/slot-gacor/ http://pbb.tanahbumbukab.go.id/-/slot-gacor/ slot gacor https://siakad.unipra.ac.id/sass/slot-gacor-x500/ http://kpm.dinus.ac.id/assets/images/berita/slot/ Siklon Herman dan Dampaknya Pada Cuaca di Garut | Infogarut.id

Siklon Herman dan Dampaknya Pada Cuaca di Garut

Siklon Herman dan Dampaknya Pada Cuaca di Garut

Beberapa hari belakangan ini cuaca di Garut sangatlah ekstrem, hujan deras disertai petir dan angin yang kencang ini bahkan menyebabkan banjir di beberapa daerah di Garut. Seminggu belakangan ini Garut selalu dilanda hujan dan suhu yang dingin, suhu ekstrem di Garut ini merupakan efek dari siklon herman.

Siklon herman adalah siklon tropis atau sebuah badai yang memiliki kekuatan yang besar. Saat ini siklus tropis herman terpantau satelit BMKG berada di Samudera Hindia tepatnya di sebelah selatan Banten dan siklon herman ini bergerak ke arah timur menuju tenggara dan intensitasnya akan terus meningkat dalam 24 jam ke depan dan saat ini siklon herman terpantau menjauhi Indonesia. Namun, siklon tropis ini relatif berada di lokasi yang sama hingga 3 April 2023.

Meskipun siklon herman tersebut menjauhi Indonesia efek dari siklon Herman ini akan tetap dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia terutam di daerah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain menyebabkan hujan deras dan angin besar siklon herman juga menyebabkan gelombang air tinggi hingga mencapai gelombang laut tinggi 2,5 - 4 meter di perairan Samudera Hindia Barat.

Sikoln herman ini menyebabkan hujan sporadis dimana hujan bisa turun secara tiba-tiba dan hujan turun merupakan hujan deras beserta angin kencang. Dikarenakan hujan deras turun secara tiba-tiba disertai angin kencang tanpa peringatan ini dapat membahayakan masyarakat karena masyarakat tidak bersiap-siap dengan adanya cuaca ekstrem ini. Selain itu, siklon herman juga dapat menyebabkan hujan es.

Hari ini yakni 31 Maret 2023 potensi hujan besar dan angin kencang yang akan terjadi di bagian Sumatra Selatan dan Jawa Bagian Barat sehingga untuk para wargi di Sumatra Selatan dan Jawa Bagian Barat seperti Garut diharapkan untuk siap siaga menghadapi cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi kapan saja pada hari ini.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Erma Yulihastin ( Peneliti Klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional)


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.