Situ Ranca Hideung Surga Tersembunyi yang Ada Di Cihurip


Situ Ranca Hideung merupakan danau alami yang memiliki luas 3 hektar ini terletak di Kecamatan Cihurip, Garut. Terdapat perbukitan hijau yang mengelilingi Situ Ranca Hideung serta hamparan sawah yang menjadikan Situ Ranca Hideung ini sebagai situ dengan pemandangan yang eksotis.

Situ Ranca Hideung cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi fotografi karena di Situ Ranca Hideung yang terdapat spot-spot foto dan juga objek foto yang indah. Situ Ranca Hideung ini lekat dengan wisata perkampungan yang asri dan sejuk. Di Situ Ranca Hideung ini terdapat rakit yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk mengarungi danau.

Selain sebagai tempat wisata Situ Ranca Hideung juga merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar. Situ Ranca Hideung ini mengairi sawah masyarakat dan juga merupakan cadangan air pada musim kemarau. Situ Ranca Hideung juga para wargi bisa mendirikan tenda karena di sana terdapat camping ground.

Situ Ranca Hideung ini memiliki banyak ikan, para wisatawan dapat memancing ikan di sana. Masyarakat Desa Cihurip-pun memanfaatkan Situ Ranca Hideung ini sebagai tempat memancing ikan dan kadang masyarakat di sana menangkap ikan menggunakan rakit dan menebar jaring. Meskipun banyak orang yang menangkap ikan di sana, para masyarakat tetap menjaga kelestarian dan habitat kehidupan ikan.

Terdapat cerita mitos yang beredar di sekitar Situ Ranca Hideung yakni jika seseorang memasukan kaki atau tubuhnya ke dalam air danau maka akan muncul bintik-bintik hitam seperti tahi lalat. Namun, jangan khawatir kareta cerita ini hanyalah mitos semata dan tidak terbukti kebenarannya.

Situ Ranca Hideung ini dapat menjadi pilihan bagi para wargi yang bosan dengan hiruk-pikuk dan kepadatan kota karena Situ Ranca Hideung ini terletak di Garut Selatan yang tenang dan jauh dari hikuk-pikuk kota. Selain itu, suasana asri dan udaranya yang sejuk dapat menenangkan diri yang sudah lelah.

 

 

Sumber : visit garut


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 30, May 2024
Sejarah Kecamatan Bayongbong Garut
  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka