Wisata Pesisir Selatan di Garut Pada Masa Kolonial


Tahukah Warginet bahwa jauh sebelum Bali membuka wisatanya di tahun 1920-an, Pameungpeuk di selatan Garut lebih dulu menjadi tujuan berlibur bagi turis mancanegara? Turis utama wisatawan mancanegara ke Pameungpeuk untuk menikmati suasana Pantai Cilauteureun. 

Melansir dari website masalewat, dari tesis Kunto Sofianto yang berjudul Kehidupan Masyarakat Kota Garut 1930-1965, jalan besar dari pusat kota Garut menuju pesisir selatan dibangun awal abad ke-20 seiring dengan perluasan perkebunan di Garut. Jalan tersebut digunakan sebagai akses utama para turis yang berwisata ke Pameungpeuk.

Datangnya turis ke Pameungpeuk menghidupkan sektor ekonomi. Hotel-hotel mulai dibangun, salah satunya adalah Hotel Cilauteureun di Pameungpeuk. Pada surat kabar Bataviaasch Nieuwsblad tanggal 29 Desember 1925 mengabarkan bahwa hotel Cilauteureun menjadi hotel pertama di Jawa yang terletak dekat pantai. 

Selain itu, ada juga hotel yang menawarkan paket wisata ke pesisir selatan Garut yaitu Hotel Papandajan. Hotel Papandajan memasang iklan di majalah wisata The Garoet Express tentang paket wisata menuju Pameungpeuk.

Agenda perjalanan dimulai dari Hotel Papandajan ke pesisir Pameungpeuk. WIsata berlangsung selama satu hari yang ditempuh dengan menaiki mobil kapasitas hingga 4 orang dengan biaya sewa sebesar 125 gulden. Pantai Cilauteureun menjadi persinggahan dalam paket wisata tersebut. Pemandangan yang disuguhkan di perjalanan indah bukan main.

Berangkat dari Hotel Papandajan yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Garut menuju selatan, para turis akan disuguhkan pemandangan pesawahan sekitar Bayongbong, Gunung Cikuray dan Kawah Papandayan di Cisurupan, kebun teh Cikajang, hutan dan perkebunan di Cisompet.

Keindahan Pantai Cilauteureun terdengar hingga ke telinga Raja dan Ratu Siam. Mereka melakukan kunjungan kerajaan ke Pantai Cilauteureun pada 24 Agustus 1929 yang diberitakan dalam surat kabar De Tijd. 

 

Sumber materi : masalewat.home.blog

Sumber foto : kumeokmemehdipacok.blogspot

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.