13 Pilihan Oleh-Oleh dari Garut yang Wajib Dibawa Pulang


Tidak afdol rasanya jika berpergian keluar kota dan pulang dengan tangan hampa. Apalagi jika daerah yang dituju itu terkenal dengan kulinernya yang beragam. Nah, kalau kamu berkunjung ke Garut, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk orang di rumah, ya. Ini dia ragam oleh-oleh Garut. 

 

1. Dodol

Kota Garut yang dikenal sebagai kota dodol tentu menjadi kewajiban untuk membawa dodol sebagai oleh-oleh. Dodol memiliki banyak ragam rasa sesuai dengan seleramu, loh.

 

2. Chocodot

Kalau kamu bosan dengan dodol dan ingin mencoba variasi baru, kamu bisa mencoba Chocodot. Inovasi yang dibuat oleh Kiki Gumelar ini menyatukan antara makanan tradisional dengan makanan modern, yaitu coklat dengan dodol. Rasa coklatnya pun beragam dari milk chocolate, dark chocolate, hingga vanilla chocolate.

 

3. Dorokdok

Kalau tidak suka yang manis-manis, kamu bisa mencoba dorokdok atau yang biasa dikenal dengan kerupuk kulit. Dorokdok yang terbuat dari kulit sapi terbaik ini akan ditambahkan dengan berbagai rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. 

 

4. Jaket kulit

Kalau kamu ingin berbelanja fesyen sebagai buah tangan, kamu bisa membeli jaket kulit. Selain jaket kulit juga banyak produk lain yang berasal dari kulit seperti sabuk, gantungan kunci, sepatu, sendal, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendatangi Sukaregang yang merupakan sentra kulit di Garut dengan berbagai pilihan fesyen yang bisa kamu temukan di sana.

 

5. Jeruk Garut

Jeruk garut dijadikan sebagai oleh-oleh karena rasa khasnya, memliki sedikit asam dengan warna kuning yang menggoda. Jeruk garut biasa dijual di mobil pick-up yang suka nongkrong di pinggir jalan utama dan dijual kiloan.

 

6. Baso Aci

Baso aci Garut selalu menjadi primadona bagi para pelancong yang berlibur ke Garut. Kenyal dan gurihnya baso aci menjadi alasan kenapa baso aci Garut banyak diminat. Tingkat kepedasan yang bisa diatur sesuai dengan selera pun menjadi salah satu alasan baso ini begitu disukai. Kalau kamu ingin membawa baso aci Garut sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli baso aci instan yang ada di Garut. Biasanya tukang baso aci sekarang sudah banyak yang membuat kemasan instannya sehingga para pelanggan bisa merasakan kenikmatan baso aci mereka dimanapun berada.

 

7. Burayot

Burayot merupakan kue khas Garut. Rasanya yang manis terbuat dari tepung yang ditambah gula aren, dan santen sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dalam adonannya. Makanan khas ini bisa dibeli di daerah kampung Cilageni, Karangtengah, Kadungora. Atau di sepanjang jalan Leles - Kadungora pun bisa kamu temui.

 

8. Opak

Opak juga menjadi makanan yang diburu oleh para pelancong. Dengan bahan dasar ketan dan saripati kelapa, kemudian ditambahkan garam menghasilkan opak memiliki rasa yang gurih. Makanan opak tidak memiliki bahan pengawet. 

 

9. Emplod

Emplog merupakan jajanan wajib dari Garut untuk jadi oleh-oleh. Emplod berbahan dasr singkong yang sering disebut dengan Endog Lewo oleh masyarakat. Lewo merupakan daerah produksi dari makanan yang bulat seperti endog atau telur. Rasanya enak dan gurih, ada yang pedas dan original bisa disesuaikan dengan seleramu loh.

 

10. Rangginang

Rangginang adalah sebuah cemilan yang terbuat dari beras ketan yang setelah dikukus, dibumbui, dibentuk bulat kemudian dijemur selama berhari-hari. Setelah kering barulah digoreng ulang dan hasilnya menjadi rengginang, camilan yang garing kriuk ini cocok menjadi oleh-oleh, loh. 

 

11. Ladu

Ladu merupakan camilan dengan bahan ketan yang mirip dengan dodol, hanya saja teksturnya yang lebih kasar jika dibandingkan dengan dodol. Rasanya yang legit membuat ladu menjadi oleh-oleh yang kesohor. 

 

12. Batik

Selain jaket kulit, untuk fesyen kamu bisa membeli batik garut sebagai oleh-oleh. Banyak motifnya yang cantik seperti Rereng Peteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Rereng Pacul, dan Limar. Ada juga motif adumanis, suuk, calung, daun, cupat manggu, bilik, dan sapu jagat. Batik garut memiliki khas yang warna cerah.

 

13. Nasi Liwet Instan

Garut memiliki nasi liwet yang enak dan bikin ketagihan seperti nasi liwet Pak Asep misalnya. Sekarang kalau kamu ingin nasi liwet, tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa membeli nasi liwet instan yang diproduksi Garut. Cukup 10-15 menit, kamu sudah bisa menikmati nasi liwet siap saji, loh.

 

Sumber foto : tempatwisataseru.com


0 Komentar :

    Belum ada komentar.