359 Desa di Jawa Barat Masih Blank Spot Internet


[Ilustrasi Desa Blank Spot atau desa yang tidak tersentuh sinya komunikasi/Sumber: Pixels]

Sebanyak 359 desa yang berada di Provinsi Jawa Barat, masih dikategorikan blank spot atau tidak tersentuh sinyal internet sama sekali.

Jumlah daerah blank spot tersebut, membuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar terus berupaya mengurangi desa tanpa internet tersebut.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan, berbagai upaya dilakukan Pemprov Jabar untuk mengurangi desa blank spot.

Selain bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa Internet Service Provider (ISP), bantuan terdapat dari APBN maupun program BAKTI Kominfo.

“Sebelumnya kita sudah berhasil mengurangi desa blank spot dengan anggaran APBD, juga dari BAKTI Kementerian Kominfo. Untuk tahun 2023 kita mendapat bantuan CSR dari beberapa ISP,” kata Ika dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3/2023).

Ika berharap, sisa desa yang masih masuk dalam kategori bisa terselesaikan pada tahun 2023 atau sebelum berakhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode ini.

“Direncanakan 359 desa di Jabar yang masih dikategorikan sebagai desa blank spot diselesaikan tahun ini. Sekarang masih proses validasi data dan lokasi,” ungkap Ika.

“Program Desa Digital sebagai bagian dari program strategis Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi Digital bisa sepenuhnya terealisasi  Jabar zero blank spot,” imbuhnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Layanan Digital Data dan Informasi Geospasial Diskominfo Jabar Rizki Hutiniasari mengemukakan bahwa masalah keterjangkauan maupun infrastruktur menjadi salah satu penyebab desa blank spot .

“Sejak tahun 2019 hingga saat ini program Desa Digital masih berlanjut yang merupakan program strategis dari Gubernur Jabar,” ujar Rizki.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 18, May 2024
Kisah Pancasura dari Singajaya