5 Makam Karomah di Garut yang Biasa Kunjungi saat Ziarah

5 Makam Karomah di Garut yang Biasa Kunjungi saat Ziarah

Kabupaten Garut ternyata menyimpan banyak tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Makam Karomah. Di Bawah ini sudah ada 5 Makam Karomah yang berada di Garut. 

 

5 Makam Karomah di Garut:

 

1. Makam Godog

Abul_Yatim_Haq_Gmaps.jpg

Makam Godog ini merupakan tempat bersejarah yang berada di Desa Lebak Agung. Di area Makam Godog ini di bagi ke dalam 3 tempat. Tempat pertama yang disebut sebagai ruang utama ini adalah Makam Prabu Kian Santang. 

Lalu, di Ruangan lain terdapat Makam Santuwaan Marjaya Suci, Sembah Dalem Serepeun Suci, Sembah Dalem Kholipah Agung, dan Makam Sembah Dalem Sarepeun Agung. 

Selanjutnya yang terakhir ini berada di ruangan terbuka dan terpisan dari dua tempat makam di atas. Makam di ruangan terbuka ini ada Makam Syekh Dora dan Makam Sembah Pager Jaya. 

 

2. Makam Sunan Pancer

2._Makam_Suanan_Pancer_(Dedi_Ruswandi_GMaps).jpg

Makam Sunan Pancer ini berada di asirwaru, Kec. Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sunan Pancer ini merupakan nama lain dari Sunan Cipancar. Sunan Pancer lahir pada tahu 1510 M. Beliu ini merupakan salah satu tokoh yang mendirikan Kabupaten Garut. Dahulunya Sunan Pancer ini yang menurunkan keluarga Bupati-bupati Limbangan yang sekarang sudah dipindahkan menjadi Kabupaten Garut. 

 

3. Makam Syekh Jafar Shiddiq

IMG_1794.JPG.jpg

Makam Syekh Jafar Shiddiq ini terletak di desa Cipareunan, kecamatan Cibiuk. Area di lokasi Makam ini cukup luas, yakni 5 hektar. Hal ini dikarenakan banyaknya para jemaah yang selalu memadati wilayah ini terutama ketika bulan Rajab yang melakukan Ziarah. Tetapi, Makam Syekh Jafar Shiddiq ini merupakan salah satu makam yang ada diarea tersebut. Makam lainnya merupakan keluarganya yang sama-sama telah menyebarkan agama Islam di Kabupaten Garut. Ketiga keluarganya tersebut adalah Eyang Abdul Jabar (Mertuanya), Eyang Siti Fatimah (Istrinya), dan Eyang Wali Muhamad Nur Kosim (Kakaknya).

 

4. Makam Pangeran Papak

4._Makam_Pangeran_Papak_(Abas_Sarabiti_Gmaps).jpg

Makam ini terletak di Kampung Cinunuk Hilir, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja. Makam dari Pangeran Papak ini tyelah menjadi salah satu situs cagar budaya di Kabupaten Garut. Di area ini terdapat makam Pangeran Papak yang nama lengkapnya Raden Wangsa Muhammad. Beliau adalah salah satu wali atau penyebar agama Islam di daerah Garut. 

 

5. Makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad

5._Makam_embah_dalem_arif_muhammad_(Feby_Prinadewi_Gmaps).jpg

Makam Senopati Arif Muhammad atau Dalem Arif Muhammad ini terletak di dekat Candi Cangkuang. Meskipun, Candi Cangkuang merupakan candi Hindu, tetapi justru keberadaan Makam Dalem Arif Muhammad ini di dekatkan agar menjadi simbol kerukunan antar umat beragama kala itu di Desa Cangkuang. 

 

Nah, itulah 5 Makam Karomah yang ada di Garut, Warga Garut ada rekomendasi Makam Karomah lainnya?


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.