7 Julukan Populer untuk Garut


Nama Kabupaten Garut mulai dikenal oleh masyarakat. Banyak pelancong yang datang ke Garut untuk berwisata karena keindahan Garut sudah sangat terkenal. Nama Garut ternyata memiliki julukan lainnya, loh. Apa saja julukan populer yang dimiliki Garut? Kita simak di bawah!

 

1. Swiss van Java

Julukan Garut yang paling populer tentunya adalah Swiss van Java. Julukan ini mulai populer sekitar awal abad ke-20. Garut dikenal sebagai tujuan wisata yang menarik. Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Garut untuk berlibur. Hotel-hotel didirikan, tempat wisata dikelola dan dikembangkan dengan baik.

Pemandangan pegunungan yang terhampar luas, udara yang sejuk, dan suasana kota yang asri menambah kenyamanan kota Garut. Melihat keindahan itu, kota Garut mengingatkan pada keindahan di Swiss sehingga mendapatkan julukan Swiss van Java.

 

2. Mooi Garoet

Mooi Garoet atau Garoet Mooi merupakan ungkapan kekaguman. Mooi Garoet berarti Garut yang elok. Ini berarti pujian klasik zaman kolonial pada kepermaian alam tanah jajahannya. Hamparan pemandangan Garut yang indah dengan gunung, lautan, dan dataran berhasil memukau dan menarik perhatian para meneer dari Belanda sehingga Garut dijuluki Mooi Garoet.

 

3. Kota Intan

Julukan Garut sebagai Kota Intan pertama kali diberikan oleh Presiden IR Soekarno. Saat itu, Soekarno yang sedang melancong ke Garut tahun 60-an. Dikutip dari Warjita yang mengutip pernyataan Raden Sulaeman Anggapradja, tokoh pemerhati sejarah Garut tempo dulu, menyatakan bahwa di wilayah Jayaraga, dia melihat atap-atap rumah sekitaran Cimanuk dicat putih sehingga berkilap seperti intan.

Pemandangan yang dilihat oleh Soekarno itu menjadikan Garut mendapat penganugerahan sebagai kota terbersih  masa itu. Hingga sekarang, Garut masih dijuluki sebagai kota intan yang dimaknai sebagai akronim dari indah, tertib, aman, dan nyaman.

 

4. Kota Dodol

Dodol merupakan makanan manis khas Garut yang populer hingga mancanegara. Karena kepopuleran dodol garut, Garut kemudian dijuluki dengan nama Kota Dodol karena dodol dari Garut memiliki cita rasa yang khas dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

 

5. Garut Gurilaps

Gurilaps merupakan sebuah singkatan dari Gunung, Rimba, Laut, dan Pantai. Garut memang terkenal akan wisatanya yang beragam. Kata gurilap sendiri dalam Bahasa Sunda artinya gemerlap yang cocok dengan Garut karena banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. 

 

6. Kota Domba

Domba khas Garut merupakan hewan yang populer dan bernilai tinggi. Hasil campuran perkawinan dari domba lokal dengan domba jenis capstaad Afrika Selatan, dan domba merino dari Australia ini sangat memukau. Domba Garut yang gagah dan penuh keberanian, tampil penuh wibawa ini banyak dimanfaatkan menjadi domba adu yang sangat terkenal. Harganya pun bisa mencapai ratusan juta rupiah. Kepopuleran domba Garut menjadikan Garut dijuluki sebagai Kota Domba. 

 

7. Kota Pangirutan

Lahirnya idiom Garut Kota Pangirutan bukan basa-basi. Garut Pangirutan berarti menunjukkan rasa kangen atau rindu bagi mereka yang pernah menginjakkan kaki di Garut. Pesona alam Garut yang menawan membuat para pelancong merasa merindukan Garut yang begitu asri. Salah satunya adalah Charlie Chaplin yang mengunjungi Garut hingga dua kali. 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.