Berikut Ini Ruang Terbuka Publik yang Bisa Kamu Kunjungi di Garut!

Berikut Ini Ruang Terbuka Publik yang Bisa Kamu Kunjungi di Garut!

Pembangunan Ruang Terbuka Publik di kawasan permukiman bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana umum yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat. Nah, berikut ini adalah Ruang Terbuka Publik di Garut yang bisa kamu kunjungi!

 

1. Teras Cimanuk

IMG_0227(1).jpg
Teras Cimanuk merupakan salah satu taman terbaru di Garut, yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga, bermain, atau sekedar berkumpul. Kehadiran Teras Cimanuk cukup diminati oleh masyarakat Garut khususnya untuk mereka yang tinggal di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul.


2. Taman Maktal

IMG_0136(1).jpg

Taman Maktal menjadi objek wisata baru di pusat Kota Garut. Dinamakan Maktal karena lokasinya yang terletak di lampu merah perempatan Maktal, perbatasan kecamatan Tarogong kidul dan Garut kota. Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten garut mengatakan,taman maktal sengaja didirikan sebagai wahana alternatif warga untuk berlibur di masa pandemi.



3. Taman Kiansantang

IMG_0166.jpg

Di salah satu sudut Jalan Papandayan, Kabupaten Garut, sebidang ruang terbuka diubah menjadi taman kecil yang multiguna bernama Taman Maktal. Taman ini dibangun secara sederhana dengan icon berupa patung batu intan yang mewakili julukan Garut sebagai Kota Intan. Sedangkan dinding utamanya berornamen batu alam hitam dan dihiasi tulisan Kiansantang.

Taman Kiansantang dilengkapi kursi-kursi besi panjang untuk warga yang sekadar duduk beristirahat atau menunggu angkutan kota (angkot). Yang unik adalah ada sebuah kotak merah besar mirip box telepon yang diletakkan di pojok taman bernama Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) yang berisi kumpulan buku-buku yang disumbangkan oleh warga setempat.


4. Alun-Alun Garut


IMG_0195.jpg

Alun-alun Garut juga merupakan salah satu Ruang Terbuka Publik tertua di Garut. Dengan wajah barunya, alun-alun Garut kini menjadi destinasi masyarakat Garut untuk berkumpul dan menghabiskan waktu. Usai renovasi ini, wajah Alun-alun Garut mengalami banyak perubahan. Banyak fasilitas yang ditambah di dalamnya. Seperti amphitheater, play ground, tempat bermain anak hingga tribun dan selasar.

Usai renovasi ini, wajah Alun-alun Garut mengalami banyak perubahan. Banyak fasilitas yang ditambah di dalamnya. Seperti amphitheater, play ground, tempat bermain anak hingga tribun dan selasar.

Baca artikel detikjabar, "Wajah Baru Alun-alun Garut, Titik Nol Kilometer Kota Dodol" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/wisata/d-5973182/wajah-baru-alun-alun-garut-titik-nol-kilometer-kota-dodol.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/



5. Alun-Alun Tarogong


IMG_0260.jpg

Ruang Terbuka Publik berikutnya adalah Alun-Alun Tarogong, berada di antara Jalan Otista dan Jalan Suherman. Meski tak seramai Alun-Alun Garut, Alun-Alun Tarogong biasanya menjadi tempat berkumpul anak muda untuk berkegiatan. Selain itu, Alun-Alun Tarogong juga menjadi titik kumpul bagi siapa saja yang ingin bepergian menggunakan kendaraan umum bus dan elf.


6. Kerkof

kerkhofr.jpg

Kerkof merupakan Ruang Terbuka Publik yang dibangun sebagai sarana olahraga masyarakat Garut. Dulunya, Kerkof adalah makam orang Belanda dan Eropa yang didirikan pada tahun 1923. Dalam Bahasa Belanda, Kerkhof sendiri memiliki arti "halaman gereja" atau yang berarti kuburan. Selain menyuguhkan fasilitas olahraga, Kerkof juga menjadi pusat wisata kuliner favorit masyarakat Garut.

 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.