Bupati Jamin Biaya Pengobatan Korban Bencana di Garut Selatan Ditanggung Pemerintah

Bupati Jamin Biaya Pengobatan Korban Bencana di Garut Selatan Ditanggung Pemerintah

Bupati Garut Rudy Gunawan menjamin biaya pengobatan para korban bencana banjir dan tanah longsor akan ditanggung Pemkab Garut.

"Mereka yang mendapatkan pengobatan itu gratis ya kita ditanggung pemerintah daerah," kata dia di sela-sela kunjungannya dalam rangka meninjau kondisi terkini lokasi bencana khususnya di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Senin (26/9/2022).

Rudy mengatakan, terkait penanggulangan pasca bencana di wilayah selatan Garut itu, pihaknya akan disosialisasikan melalui perangkat pemerintahan desa.  

"Sedangkan hal-hal lain lah ya menyangkut tentang kesiapsiagaan bencana dalam mitigasi bencana, ini kita lakukan sosialisasi melalui rekan-rekan kepala desa," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan mengadakan pengecekan bantaran sungai dalam bentuk pengerukan dari sedimentasi. 

"Sudah kita keluarkan (BTT) ya jadi bisa dieksekusi besok atau lusa di bawah koordinasi Pak Sekda selaku Kepala BPBD dan Kalak BPBD Pak Satria Budi, yang dilakukan dengan para camat," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Garut sendiri menggelontorkan dana Rp1,7 miliar untuk penanggulangan bencana yang terjadi pada 22 September 2022 itu.

Ia menjelaskan, untuk setiap rumah yang terdampak bencana, pihaknya akan memberikan cash for work sebesar Rp300 ribu per satu rumah. Sementara, bagi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana, pemerintah daerah akan memberi bantuan dana maksimal Rp20 juta.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.