Dongeng Sunda Asal Usul Telaga Warna


[Illustration : https://bogor-kita.com/telaga-warna-di-puncak-bogor-berasal-warna-warni-kalung-putri-raja/]

Zaman dahulu, di daerah puncak bogor lebih tepatnya di lereng gunung lemo sekitaran pegunungan mega mendung ada sabuah kerajaan yang bernama kutatanggeuhan. Ngaran kerajaan ini berasal dari kata "Kuta" yang memiliki arti tempat dan "Tanggeuhan" yang artinya andalan. Kerajaan ini juga suka disebut dengan kerajaan kemuning kemangi.

Kerajaan kutatangguhan di pimpin oleh seorang prabu swarnalaya, yang istrinya permaisuri bernama ratu purbamanah. Di masa kepemimpinannya, kerajaan ini terkenal damai, subur, makmur, dan tentram, tidak ada satu keluarga pun yang kekurangan makanan. Meskipun demikian, prabu swarnalaya dan permaisuri belum merasa bahagia.

Sebab, bertahun-tahun lamanya menikah mereka belum dikaruniai seorang anak. Padahal segala cara sudah dilakukan, seperti meminum jamu tradisional, sampai meminta saran ka penasehat kerajaan, tapi tetap saja tidak ada hasilnya. Seterusnya sang raja swarnalaya memutuskan untuk bertapa di goa. Setelah beberapa lama, akhirnya raja mendapatkan sebuah wangsit, atas ijin yang kuasa sesudah beberapa bulan permaisuri hamil dan melahirkan anak perempuan yang cantik sekali, yang di berinama nyi ajeng gilang rinukmi atau biasa disebut juga putri ayu kencana ungu.

Karena begitu sayangnya ke putrinya, segala keinginan putrinya di berikan semua, karena anak satu-satunya. Sesudah putrinya remaja, sang raja mengadakan pesta dan memberikan hadiah berupa kalung. Tetapi nyi ajeng gilang rinukmi malah tidak mau menerima hadiah itu, malah membuang dan melemparkannya sampai kalung dari intan berlian tersebut berceceran. Ujung-ujungnya ibunya menangis tak henti-henti.

Berbarengan dengan itu, ada suatu kejadian dimana ada gempa besar mengguncang dan keluar air dari dalam tanah, yang makin lama semakin membesar, sampai akhirnya menenggelamkan kerajaan kutatanggeuhan dan segala isinya. Di dalam dasar telaga suka memancarkan cahaya yang berwarna-warni, ada yang bilang asalnya dari kalung intan berlian tersebut, oleh sebab itu lah telaga itu diberi nama telaga warna.

Sumber materi : Basasunda.com

 

 

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.