Nama-nama Tokoh Pahlawan dari Garut Beserta Perjuangannya

Nama-nama Tokoh Pahlawan dari Garut Beserta Perjuangannya

Setiap daerah itu pasti memiliki Pahlawan pada masa penjajahan dahulu, termasuk Garut. Di Garut ini sebenarnya ada banyak sekali Pahlawan yang turut berjuang pada masa perebutan atau mempertahankan kemerdekaan. Di bawah ini sudah ada beberapa tokoh pahlawan dari Garut yang perjuangannya masih bisa kita rasakan hingga hari ini. 

 

1. Raden Ayu Lasminingrat (1843-1886)

1. Raden Ayu Lasminingrat.jpg

Raden Ayu Lasminingrat ini merupakan salah satu tokoh pahlawan yang perjuangannya sangat kuat dalam dunia pendidikan. Raden Ayu Lasminingrat ini mendirikan "Sakola Istri" pada tahun 1912. Sakola Istri ini hingga sekarang masih digunakan dan berubah nama menjadi SMA Negeri 11 Garut.

 

2. Raden Hadji Moehamad Moesa (1882-1886)

2. Raden Hadji Moehamad Moesa.jpg

Raden Hadji Moehamad Moesa ini merupakan ayah dari Raden Ayu Lasminingrat. Beliau menjadi pelopor sastra Sunda. Bahkan karyanya sudah dicetak hingga ribuan eksemplar dan sempat dijadikan referensi oleh Belanda.Sama seperti anaknya, Beliau juga pernah mendirikan sekolah Eropa yang bernama Bijzondere Europeeche School. Di sekolah ini anak-anak pribumi bisa sekolah bersama dengan anak-anak Eropa. 

 

3. RAA Adiwidjaya (1813-1831)

3. Raden Adipati Aria Adiwijaya.jpg

Tokoh pahlawan dari Garut selanjutnya adalah RAA Adiwidjaya. Beliau namanya dijadikan sebuah museum di Garut.  Dahulunya RAA Adiwidjaya ini merupakan Bupati pertama di Limbangan yang tokoh berpengaruh ketiga di Garut adalah RAA Adiwidjaya. 

Namanya kini diabadikan menjadi nama museum di Garut.  Beliau merupakan Bupati pertama di Kabupaten Limbangan sebelum Garut ada. Jadi Limbangan ini lebih dulu ada pada zaman Belanda.  RAA Adi Widjaya menjabat menjadi bupati kabupaten Limbangan ini mulai dari 1813 sampai 1831. Bahkan lokasi baru pusat pemerintahan Limbangan  yang kini menjadi Garut itu merupakan usulan RAA Adi Widjaya.

 

4. Prof. KH. Anwar Musaddad (1909-2000)

4. Prof. K.H. Anwar Musaddad.jpg

Prof. Kh Anwar Musaddad adalah ulama yang memperjuangkan negara Indonesia lewat jalur keagamaan. Beliau merupakan pemimpin dari pasuka Hizbullah.  Selain itu juga beliau merupakan seorang pendiri Yayasan Pendidikan  Al-Musaddadiyah, Garut. Lalu, Prof. Kh Anwar Musaddad ini juga sebagai  rektor pertama di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung yang dulunya bernama IAIN.

 

5. KH. Yusuf Tauzirie

5. KH Yusuf Tauziri.jpg

KH. Yusuf Tauzirie ini merupakan pendiri Pondok Pesantren Darussalam di Wanaraja, Garut. Beliau juga punya andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dulunya beliau terkenal dengan seorang pemimpin pemberontakan DI/TII Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo di Wanaraja. Selain itu, Kh. Yusuf Tauzirie juga memiliki pasukan Laskar Darussalam untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

 

6. Achmad Noe'man (1926–2016) 

Achmad Noe'man.jpg

Jika anda tidak tahu Achmad Noe'man, mungkin anda akan tahu dengan karyanya.  Beliau ini merupakan Arsitek Masjid Salman yang berada di Institut Teknologi Bandung (ITB),  Masji Raya bandung, dan karyanya yang di luar negeri juga ada, yaitu Masjid Indonesia di Saravejo, Bosnia. Achmad Noe'man ini merupakan anak dari pendiri muhammadiyah di Garut, yaitu Muhammad Jamhari. 

 

Jadi itulah nama tokoh Pahlawan yang ada di Garut beserta riwayatnya. Jadi Gimana, ada yang baru tahu, nama-nama di atas? 

 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.