Tugu Pusat Latihan Penembakan di Kaki Gunung Guntur

Tugu Pusat Latihan Penembakan di Kaki Gunung Guntur
Illustration : @andre.tan.photogallery (instagram)

Tahukah para warginet bahwa di kaki Gunung Guntur ada sebuah tugu tua yang masih berdiri kokoh. Tugu ini dikenal sebagai Tugu PLP yang berada di Kampung Seureuh Jawa, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler.

Tugu PLP ini dibangun pada tahun 1960-an dan kawasan di sekitar tugu tersebut dijadikan sebagai markas Pasukan Kujang 305. Tugu PLP yang memiliki tinggi 25 meter ini dijadikan sebagai tempat latihan menembak para Pasukan Kujang 305, 328 dan 330 serta pasukan tentara lainnya dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Menurut saksi sejarah, Tugu PLP ini dibangun untuk membantu para tentara dalam berlatih menjaga keamanan wilayah dan masyarakat karena pada masa itu Indonesia termasuk Garut masih harus berjuang melawan pemberontakan DI/TII dan G30SPKI.

Saat ini Tugu PLP masih berdiri tegak, namun tidak terurus. Lumut sudah tumbuh di berbagai bagian tugu dan beberapa bagian dari tugu tersebut-pun sudah lapuk. Tugu PLP ini merupakan salah satu tugu bersejarah yang ada di Garut, sayangnya tugu ini tidak terurus dan tentu saja tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Tugu PLP ini memiliki sejarahnya. Menurut keterangan, para warginet masih bisa melihat bekas tembakan peluru di tubuh tugu tersebut.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.